Rabu, 07 Januari 2015

Romeo and Juliet




Siapa tak kenal dengan kisah Romeo dan Juliet (Inggris: Romeo and Juliet)?

Kisah cinta pasangan abadi ini telah mendunia dan tak pernah dilupakan ini meninggalkan kesan cinta yang sangat manis, romantis, namun tragis.

Kisah Romeo and Juliet memiliki  latar belakang sebuah kota bernama Verona di Italia, pada tahun 1303. Dimana kota tersebut merupakan tempat terjadinya  perselisihan di antara dua keluarga yang sangat terkenal, yaitu keluarga Montague dan keluarga Capulet.
Hebatnya perselisihan itu membuat Pangeran Verona mengambil tindakan dengan mengancam adanya hukuman mati, jika perselisihan itu terus berlanjut.

Kisah Romeo and Juliet ini terus berlanjut. Lord Capulet dari keluarga Capulet memiliki seorang putri yang sangat cantik bernama Juliet. Kecantikannya membuat seorang pengusaha bernama Count Paris ingin menikahinya. Namun, karena usia Juliet saat itu masih terlalu muda, maka pertunangan diundur hingga dua tahun yang akan datang setelah digelrnya pesta dansa keluarga Capulet.

Di sisi lain, Romeo, putra dari keluarga Montague tergila-gila dengan Rosaline, salah satu keponakan Lord Capulet. Akibat desakan dari sahabat-sahabatnya, Benvolio dan Mercutio, akhirnya Romeo nekat mendatangi pesta dansa yang diadakan keluarga Capulet, agar dapat bertemu Rosaline. 

Di luar dugaan, secara tidak sengaja Romeo bertemu dengan Juliet di pesta dansa tersebut. Hingga mereka berdua akhirnya saling jatuh cinta. Pertemuan itu menghasilkan beberapa pertemuan rahasia lainnya. Kisah dari Romeo and Juliet pun dimulai.

Romeo menyelinap ke halaman Capulet dan sengaja mendengar Juliet di balkon nya bersumpah cinta padanya meskipun kebencian keluarganya untuk keluarganya. Romeo membuat dirinya dikenal dan mereka setuju untuk menikah. Dengan bantuan Friar Laurence, seorang pendeta yang ingin menyatukan keluarga ini, mereka berdua pun menikah secara diam-diam. Pernikahan ini diharapkan dapat meredam permusuhan yang selama ini tidak dapat diselesaikan.

Sayangnya, Tybalt, sepupu Juliet mengetahui bahwa Romeo pernah menyusup masuk ke pesta dansa mereka. Ia menantang Romeo berkelahi, namun ditolak, karena merasa bahwa Tybalt adalah saudara iparnya. Kisah cinta Romeo and Juliet ini menampilkan konflik awal yang bermula dari dalam keluarganya sendiri.

Mercutio, sahabat Romeo merasa tersinggung dengan sikap Tybalt, dan mengajaknya bertarung atas nama Romeo. Pertarungan itu menyebabkan Mercutio terluka parah, dan hampir mati. Sehingga Romeo terpaksa membunuh Tybalt. Kejadian itu membuat Pangeran Verona memberikan hukuman dengan mengusir Romeo dari Verona. Pengusiran Romeo dari Verona juga ikut menghiasi kisah perjalanan cinta Romeo and Juliet.

Dalam kesedihannya, Juliet dipaksa ayahnya untuk menikahi Count Paris. Hal tersebut juga karerna Lord Capulet tidak mengetahui pernikahan Romeo dan Juliet yang disembunyikan. Juliet kemudian meminta pertolongan dari Friar Laurence, yang akhirnya memberikan obat yang akan membuatnya koma seperti orang mati. Friar Laurence menyarankan agar Juliet pura-pura menyetujui pernikahan yang diatur ayahnya, namun ketika pagi menjelang dia harus meminum ramuan yang akan membuatnya tampak seperti sudah meninggal. Setelah itu dia akan dimasukkan ke dalam lemari besi penguburan Capulet, kemudian Friar akan menyuruh Romeo untuk datang meyelamatkan Juliet.

Friar lalu memberikan pesan kepada Romeo, agar dapat menjemput Juliet, setelah Juliet terbangun. Juliet pada akhirnya meminum obat tersebut, dan dikabarkan meninggal. Sayangnya, pesan itu tidak sampai ke Romeo, ia malah mendapat kabar jika Juliet telah meninggal akibat meminum racun.

Dengan hati yang galau dan sakit, Romeo membeli racun dari The Apothecary, dan kemudian pergi ke tempat Juliet. Di tempat itu, ia bertemu dengan Paris yang kemudian menyerangnya dengan sebuah belati, perkelahian itu berakhir dengan kematian Paris. Romeo kemudian meminum racun itu di samping Juliet. Ketika terbangun dan mendapati Romeo telah meninggal di sampingnya, Juliet sangat terkejut. Ia tidak akan bisa hidup tanpa ada Romeo d sampingnya. Pada akhirnya, ia menemukan sebuah belati di tangan Romeo, dan menggunakannya untuk membunuh dirinya.



Kedua keluarga sangat gempar mengetahui kejadian itu. Setelah medengar kisah cinta anak mereka dari  Friar Laurence, keluarga Capulet dan Montague lalu setuju mengakhiri permusuhan diantara mereka. Kisah cinta Romeo and Juliet yang berakhir tragis ternyata berhasil membuka mata kedua pihak keluarga tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar